Agenda : Pelatihan Penghitungan Cadangan Karbon 18-20 Mei 2016

Aktivitas penghitungan cadangan karbon serta analisa pertambahan / additional karbon menjadi strategi untuk meningkatkan daya serap tanaman terhadap emisi, yang akan diimplementasikan pada rencana kelola hutan serta dipayungi dalam kebijakan daerah dan tata ruang desa untuk menjamin keberlangsungan pada kontribusi penanganan dampak perubahan iklim.

Banyak kebutuhan dan informasi yang masih kurang untuk memahami skema karbon, salah satunya adalah menentukan cadangan karbon pools dan perubahannya dalam suatu unit menejemen pengelolaan hutan. Kebutuhan akan peningkatan kapasitas dari pelaku kegiatan dan fasilitator dalam perencanaan hutan, pelibatan partisipasi masyarakat serta penyusunan tata ruang desa.

Untuk hal tersebut Javlec bersama ICCTF Bappenas mengadakan “Pelatihan Mengukur Cadangan Karbon dan Perubahannya Pada Pengelolaan Hutan Komunitas (HKm, HTR, HD dan HR)  Program Mitigasi Berbasis Lahan Karst, Kritis dan Konservasi” dimana tujuan dari pelatihan ini adalah :

  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat, aparatur desa dan pendamping tentang Perubahan Iklim.
  • Memberi keterampilan kepada pendamping dan komunitas pengelola hutan untuk mengukur dan menghitung perubahan cadangan karbon.
  • Memberikan kemampuan pendamping untuk melakukan PRA serta perencanaan desa.

Adapun hasil yang diharapkan setelah pelatihan nanti adalah :

  1. Meningkatnya pengetahuan dari 50 peserta tentang pengertian perubahan iklim, penyebab terjadinya perubahan iklim, upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim di Indonesia.
  2. Ada 40 orang masyarakat yang meningkat  keterampilannya dan siap menjadi trainer dalam pengukuran dan penghitungan cadangan karbon tersimpan pada areal kerja HKm, HTR, Hutan Desa dan hutan rakyat.
  3. Meningkatnya kemampuan 10 pendamping / FA dalam melakukan perencanaan desa bersama masyarakat.

Acara pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari hari rabu 18 Mei 2016 sampai 20 Mei 2016 di Hotel Akasa, Jalan Boyong, Kaliurang Barat.