Beringin Putih Untuk Gerakan Menanam Nasional

Bertempat di lapangan Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, pada tanggal 05 November 2016 dilakukukan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) sekaligus pencanangan gerakan Bulan Menanam Nasional (BMN), puluhan hektar tanah Sultan Ground yang berada di dua desa (Balong dan Jepitu) di kecamatan Girisubo bakal ditanami belasan ribu pohon berbagai jenis yang merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

img_1063Hadir dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Kesatuan Pemangkuan Hutan Lindung Ir. Herudoyo, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah beserta pejabat teras dan forkominda Gunungkidul dan juga dari perwakilan Yayasan Javlec Indonesia.

Lahan Sultan Ground (SG) seluas 15 hektar di kecatamatan Girisubo bakan dijadikan kawasan argoforestry, dimana rencananya 15 ribu bibit pohon akan ditanam di kawasan ini. Bersama Yayasan Javlec Indonesia, Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai Serayu Opak dan pemerintah Gunungkidul dan warga setempat akan menjadikan lahan seluas 15 hektar di Desa Balong dan Jepitu sebagai area argoforestry. Yaitu usaha tani yang mengkombinasikan antara pohon dan tanaman pertanian. Program argoforestry untuk memulihkan lingkungan setempat maupun meningkatkan ekonomi masyarakat dengan hasil tanaman yang dapat dipanen.

Dalam acara penanam tersebut, Yayasan Javlec Indonesia memberikan Beringin Putih sebagai wujud kepedulian untuk mewujudkan lingkungan alam yang lestari.

EnglishIndonesian