Bersama ‘ELOC’, Javlec Gelar Seminar Adiwiyata di SMP Negeri 1 Cisalak

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang dijalankan dengan prinsip edukatif, partisipatif dan berkelanjutan.

SMP Negeri 1 Cisalak adalah salah satu sekolah yang lolos dalam kegiatan Adiwiyata tingkat kabupaten Subang. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan layak untuk ditingkatkan dan didorong untuk mengikuti ajang Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dengan semakin ketatnya persaingan untuk memperebutkan peringkat Adiwiyata Provinsi, maka sekolah perlu lebih menggalakkan aktivitas-aktivitas konservasi dan memberikan pemahanan lebih mengenai konservasi kepada segenap keluarga besar SMP Negeri 1 Cisalak.

Untuk mendukung hal tersebut, bersama ‘ELOC’ (organisasi pencinta lingkungan SMPN 1 Cisalak), Javlec menggelar Seminar Adiwiyata diikuti kurang lebih 30an siswa yang tergabung dalam ELOC.

Seminar Sekolah AdiwiyataSeminar yang dilaksanakan pada tanggal 27 September yang lalu tersebut membahas hal-hal yang terkait dengan konservasi, seperti kondisi geografis, potensi SDA, kondisi SDA 3 tahun yang lalu, saat ini, dan 3 tahun mendatang.

Pada sesi diskusi, peserta seminar diajak untuk melihat film banjir dan longsor yang terjadi di Gunung Lawu, Jawa Timur. Di sini, siswa diajak berdiskusi tentang penyebab banjir dan longsor, juga akibat yang ditimbulkannya. Hal ini diharapkan agar siswa bisa memahami fungsi tanaman keras dalam menahan runoff air, fungsi sumur resapan air dan pentingnya menjaga area konservasi.

Teknik sederhana konservasi air juga diperkenalkan ke peserta seminar, antara lain penanaman, pembuatan sumur resapan dan pembuatan lubang resapan biopori.

Dalam aktivitas kegiatan outdor, siswa peserta di ajak ke lokasi sumur resapan dan kolam tampungan air. Sambil melihat fisik sumur dan kolam, siswa juga diberi penjelasan mengenai fungsi dan perawatan sumur resapan dan kolam tampungan tersebut.

Pada kegiatan seminar ini, pihak PT. Tirta Investama yang diwakili Ibu Rany Juliani menyerahkan secara simbolik bibit buah manggis kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Cisalak, Bapak Ruhdin Hidayat S.Ag, MM sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan Adiwiyata. Serah terima simbolik ini juga disaksikan oleh Bapak Rahat dari DLH Kabupaten Subang, yang sekaligus berpesan agar kegiatan Adiwiyata bukan hanya sekedar lomba, tetapi juga menjadi kebiasaan anak Didik baik di lingkungan sekolah maupun Rumah.(adr)

Video Kegiatan

EnglishIndonesian