Bibit Durian Tumbuh dengan Baik di Dusun Neglasari

Dusun Neglasari adalah salah satu dari empat dusun yang terletak di Desa Cibeusi. Cibeusi sendiri terletak di kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Wilayah Cibeusi meliputi 4 dusun, yaitu; Cibeusi, Cibereum, Neglasari dan Peuntas yang terbagi dalam 7 RW dan 23 RT. Desa Cibeusi terletak kurang lebih 3 Kilometer kearah timur dari pusat kecamatan.

Kondisi geografis Cibeusi adalah daerah perbukitan di ketinggian 8.80mil di atas permukaan laut dengan temperatur suhu antara 32 derajat celsius. Masyarakat Cibeusi tergolong ramah tamah dan juga masih melestarikan keunikan seni tradisional seperti celempung yaitu alat musik mirip kendang namun semua murni terbuat dari bambu .

Saat ini, Dusun Neglasari merupakan dusun peneriman manfaat program Javlec- Aqua. Di Neglasari program yang dijalankan kali ini adalah penanaman pohon dan penanaman biopori.

Adalah Pak Ace dan Pak Uma yang selama ini mengawal program konservasi di Dusun Neglasari. Pak Ace, dengan antusias menceritakan tentang program Javlec yang sudah pernah dijalankan pada tahun sebelumnya (2017).
Bibit pohon yang diberikan oleh Javlec sudah tumbuh dengan baik, meskipun ada beberapa yang mati, dan itu wajar“, papar Pak Ace.

durian bantuan javlec - neglasari
Pohon durian bantuan JAVLEC melalui program Aqua pada tahun 2017 (dok : javlec)

Kunjungan Javlec Indonesia ke Neglasari kali ini bertujuan untuk mencari informasi tentang ketersediaan lahan untuk penanaman bibit apabila ada program pemberian bibit.

Pak Ace menyatakan bahwa lahan itu masih ada dan siap digunakan. Dia juga menjanjikan kepastian bibit itu akan tertanam dan terawat dengan baik. Seperti yang sudah di jalankan selama ini.

Diakhir kunjungan, Pak Ace mengajak tim Javlec ke kebunnya untuk menunjukan tanaman-tanaman hasil program bantuan Javlec sebelumnya. Dia menyatakan bahwa tanaman-tanaman tersebut tumbuh baik dan di rawat dengan baik. (gs)

EnglishIndonesian