Dukungan Parapihak Terhadap Program Kerja Konsorsium Javlec Indonesia

Dalam rangka mendapatkan dukungan parapihak, Konsorsium Javlec Indonesia menyelenggarakan rapat koordinasi ParaPihak (26/09) untuk Program Kerja Konsorsium Yayasan Javlec Indonesia yang berjudul Mengembangkan Usaha-Usaha Ramah Lingkungan Berbasis Potensi Lokal di Wilayah Timur Berau di Kantor Bappeda Kab. Berau. Rapat yang dihadiri oleh Pemerintah Daerah yang dalam hal ini diwakili oleh Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Lingkungan Hidup Kab. Berau, Dinas Kehutanan, Dinas Koperasi dan Pemberdayaan Masyarakat tersebut secara nyata akan mendukung program kerja Konsorsium Javlec Indonesia dengan kewenangan masing-masing instansi.

img_1329Dalam rapat koordinasi ini, Yayasan Javlec Indonesia sebagai lead Konsorisum yang disapaikan oleh Proyek Manager, Fachrudin Riyadi, menyampaikan informasi mengenai proyek yang sedang dijalankan di Kabupaten Berau, apa saja output proyek, kegiatan apa saja yang akan dilakukan dan hasil yang akan dicapai dalam proyek ini. Menurut Fachrudin Riyadi, Rapat ini sangat penting, selain mendapatkan dukungan parapihak juga proyek ini tidak berbenturan dengan Rencana Pembangunan Kabupaten Berau. Dengan adanya kegiatan yang sinergis antara proyek dan pembangunan Daerah Kabupaten Berau, harapanya proyek ini akan maksimal dalam tujuan proyek yakni meningkatkan industry kreatif ramah lingkungan, berkembangnya usaha ekowisata berbasis masyarakat dan meningkatnya pemanfaatan energy terbarukan skala kecil.

Kepala Bappeda Kab. Berau, Bapak Basri Sahrin, sangat mengapresiasi adanya proyek tersebut. Menurutnya, proyek ini sangat tepat di Kabupaten Berau terutama di Kecamatan Maratua dan Kecamatan Derawan. Proyek ini juga membantu Pemerintah Daerah terkait dengan anggaran daerah yang terbatas, dalam rangka pengembangan dan pembangunan Kabupaten Berau terutama dalam pembangunan di tingkat tapak dan permasalahan dalam perubahan iklim. “Konsorsium ini tidak boleh berjalan sendiri, parapihak terutama Pemerintah Daerah harus mendukung penuh kegiatan ini, tambah Sahrin.

Konsorsium Yayasan Javlec Indonesia adalah Konsorium yang terdiri dari 6 lembaga yang mempunyai kapasitas dan kompetensi dalam bidang pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan tehnologi energy terbarukan. Proyek ini didukung penuh oleh MCA Indonesia ini akan dijalankan selama 18 bulan mulai dari Bulan Juli 2016 hingga Desember 2017. Dengan dukungan parapihak ini, Yayasan Konsorsium Javlec Indonesia berharap pelaksanaan proyek ini akan berjalan lancar dan capaian output proyek yang maksimal.

EnglishIndonesian