Jaga Hutan dan Gambut Kalimantan, AS Keluarkan Rp 770 Miliar

PONTIANAK – Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Robert Orris Blake Jr mengatakan, pihaknya menyiapkan dana besar untuk konservasi hutan di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, AS menggelontorkan dana sebesar USD 55 juta atau setara Rp 770 miliar (USD = Rp 14.000). AS juga mencari peluang ruang-ruang investasi di Kalbar.

“Amerika Serikat sudah menyiapkan anggaran USD5 55 juta untuk program konservasi hutan di Indonesia, dan Kalimantan merupakan area prioritas yang dipilih,” ujar Robert usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Cornelis di Ruang Rapat Praja 1, Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (16/2).

Budget tersebut untuk melindungi hutan dan tanah gambut yang ada di Kalimantan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan. Proyek itu berfokus pada peningkatan fungsi hutan secara berkelanjutan.

“Program ini juga memberikan mata pencaharian bagi masyarakat di sekitar hutan, membantu mereka bercocok tanam karet, cengkeh, vanila, dan lada. Ini upaya mendukung Bapak Gubernur Kalimantan Barat untuk melindungi hutan dan membantu Indonesia mengurangi emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim,” tegas Robert. (rk/jos/jpnn)

EnglishIndonesian