Javlec Akan Memberikan Bantuan Bibit Tanaman di Dusun Pangkalan

sosialisasi program di dusun pangkalan
Perwakilan Javlec saat melakukan sosialisasi program di Dusun Pangkalan. Di dampingi oleh PPL Desa dan PPL Kecamatan. (Dok : Javlec)

“Bibit agar didatangkan di lokasi (dusun pangkalan) 1 bulan sebelum jadwal penanaman. Hal ini dimaksudkan agar bibit bisa beradaptasi terlebih dahulu sebelum ditanam, sehingga jaminan bibit ditanam dan hidup itu lebih tinggi.”

Salah satu kegiatan pada agenda konservasi yang dilakukan oleh Javlec Indonesia dengan bantuan dari CSR PT. Tirta Investama adalah penanaman.

Agenda kegiatan tersebut disampaikan Javlec pada pertemuan sosialisasi di Balai Bubusalam Dusun Pangkalan, yang dihadiri sekitar 30 orang anggota kelompok tani, serta PPL Desa Sanca dan PPL Kecamatan Ciater.

Sebelum penyampaian program, acara sosialisasi dibuka terlebih dahulu oleh Kadus Pangkalan yang juga bertindak sebagai fasilitator.

Dalam pembukaan acara, Bapak Asep (Kadus Pangkalan) selain menjelaskan program dusun dan lain hal, juga menjelaskan kepada peserta forum bahwa dalam pertemuan ini, Javlec (perwakilan) akan menyampaikan agenda kegiatan apa saja yang akan dilakukan di Dusun pangkalan 6 bulan ke depan.

Semoga apa yang mereka (Javlec) lakukan di Dusun Pangkalan membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Dusun Pangkalan“, kata pak Asep saat menutup sambutannya.

suasana sosialisasi program

Menurut perwakilan Javlec saat menyampaikan program, beberapa kegiatan yang akan dilakukan di Dusun Pangkalan 6 bulan ke depan meliputi kegiatan fisik dan non-fisik. Kegiatan fisik disini adalah pembuatan sumur resapan, pembuatan biopori, lorak, tampungan air di sawah sampai dengan pembuatan PAH (penampungan air hujan) serta pembagian bibit tanaman.

Untuk bibit tanaman, dalam sosialisasi program tersebut, perwakilan Javlec menyampaikan rencana awal bibit yang akan di tanam di Dusun Pangkalan, diantaranya; Manggis (90), Durian (90), Jengkol (40), Akasia (300), Sengon (300) dan Sobsi (200).

Setelah penyampaian dan melakukan musyawarah dengan kelompok tani Dusun Pangkalan, masyarakat (kelompok tani) menginginkan jenis tanaman tertentu agar dapat diganti dengan jenis tumbuhan yang lebih mempunyai nilai manfaat. Yang pada akhirnya diputuskan dan disepakati bahwa total tanaman yang akan di adakan di Dusun Pangkalan adalah 1020 bibit meliputi : Manggis (40), Durian (90), Cengkeh (90), Akasia (300), Sengon (300) dan Jabon (200).

Usulan lain dari forum, pemberian bibit agar didatangkan di lokasi (dusun pangkalan) 1 bulan sebelum jadwal penanaman. Hal ini dimaksudkan agar bibit bisa beradaptasi terlebih dahulu sebelum ditanam, sehingga jaminan bibit ditanam dan hidup itu lebih tinggi.

Hal tersebut karena pengalaman dari program sebelumnya, bibit datang dan langsung dibagikan/ditanam. Sementara akar dalam polybag belum mengikat/tumbuh di tanah polybag.

Ini yang menyebabkan banyak tanaman yang mati“, kata pak Asep.

Bantuan bibit tanaman sebagian akan ditanam di lahan umum, sisanya akan dibagi ke masyarakat. Adapun pesan dari kelompok tani yang menjadi masukan adalah bibit tanaman yang nanti akan diberikan kualitasnya lebih meningkat dari program-program sebelumnya. (gs)

EnglishIndonesian