Javlec bersama Aqua Bina Generasi Muda Peduli Lingkungan

javlec dan aqua menggelar sekolah tani
Plant Manager PT Tirta Investama Pabrik Subang, Joko Prasojo memberikan motivasi kepada pelajar dalam kegiatan Sekolah

PT Tirta Investama Aqua Subang membina masyarakat khususnya generasi muda untuk sadar akan lingkungan sekitarnya. Bekerja sama dengan Yayasan Javlec Indonesia, Oktober lalu, Aqua Subang menggelar Sekolah Tani yang diikuti petani dari Desa Sanca Kecamatan Ciater, Desa Pasanggrahan dan Sindangsari Kecamatan Kasomalang dan Desa Darmaga Kecamatan Cisalak. Kegiatan pun melibatkan pelajar tingkat SMP dari Kecamatan Kasomalang dengan tema Peningkatan Kapasitas SDM dalam Tata Kelola Kelembagaan Pertanian dan Perkebunan menuju Petani Mandiri dan Sadar Konservasi.

Plant Manager Aqua Subang, Joko Prasojo mengatakan, dalam kegiatan operasionalnya, Aqua memiliki komitmen ganda, untuk menjaga keseimbangan antara keberlangsungan bisnis dari sisi finansial dan keberhasilan sosial lingkungannya. Komitmen tersebut, diwujudkan melalui Aqua Lestari sebagai acuan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang berkelanjutan. “Sekolah Tani merupakan kegiatan yang digagas oleh PT Tirta Investama bersama Yayasan Javlec Indonesia untuk meningkatkan kapasitas kelompok,” katanya.

Dianugerahi lokasi di daerah pegunungan, menurut Joko, menjadikan masyarakat Subang Selatan harus selalu waspada dengan kemungkinan terjadinya bencana yang diakibatkan faktor alam, misalnya banjir dan tanah longsor. “Kepedulian terhadap kondisi lingkungan dan alam bukan hanya menjadi kewajiban dari orang tua, atau orang dewasa, pendidikan dan kepedulian mengenai lingkungan dan alam ini sudah harus dimulai dari ketika masih anak-anak,” katanya.

Dalam pengelolaan sumber daya air, yang harus dipikirkan adalah keberlanjutan ketersedian air. Agar sumber daya air dapat sustainable, maka diperlukan kepedulian semua pihak. Keterbatasan usia dalam menjaga sumber daya air, diperlukan regenerasi dalam pengelolaan sumber daya air. “Sekolah Taruna merupakan sekolah yang dirancang bagi generasi muda untuk lebih peduli dan cinta terhadap lingkungan. Selain mendapatkan bibit-bibit generasi peduli konservasi, diharapkan juga di sekolah formal terdapat ekstrakurikuler aktivitas-aktivitas yang menumbuhkan cinta lingkungan.

Harapan ke depan, bibit-bibit ini akan tetap dibina oleh parapihak, salah satunya adalah Taruna Mata Air, agar tujuan menambah dan regenerasi kader konservasi dapat terwujud,” tandasnya.

EnglishIndonesian