Javlec Indonesia, Dukung Warga Balerante untuk Rehabilitasi Lahan Bekas Galian C melalui Penanam Pohon

Balerante_Klaten (23/12) Kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam merehabilitasi lahan bekas tambang mempunyai peran yang strategis. Namun terkadang kesadaran tersebut perlu dikuatkan atau malah ditumbuhkan. Javlec Indonesia bekerjasama sama dengan departemen Teknik geologi fakultas Teknik UGM dengan support PT TIV Indonesia menggagas kegiatan edukasi dan rehabilitasi lahan bekas Galian C di Desa Balerante, Kec. Kemalang, Kab. Klaten Jawa Tengah. Edukasi ini mengajak agar masyarakat, khususnya masyarakat desa Balerante untuk memperdulikan kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan terkait aktivitas penambangan pasir yang sangat marak di wilayah tersebut, sehingga perlu untuk menjaga lahan-lahan yang masih belum tersentuh oleh aktivitas penambangan.

Penyerahan bibit secara simbolik oleh Direktur Yayasan Javlec Indonesia kepada Wakil Desa Balerante
Penyerahan bibit secara simbolik oleh Direktur Yayasan Javlec Indonesia kepada Wakil Desa Balerante

Sasaran utama kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat di Balerante dan kepedulian mereka untuk menata kembali lahan-lahan bekas galian C yang telah ditinggalkan oleh aktivitas pertambangan. Serta menjaga dengan baik areal-areal yang belum tersentuh oleh aktivitas tambang.” ujar Aprilianti Dwi Rahayu Manajer program CSR di Yayasan Javlec Indonesia. Menurutnya kegiatan ini akan berat tantangannya kedepan, karena kesadaran warga berbenturan dengan kondisi ekonomi warga yang selama ini sangat ditopang oleh aktivitas penambangan. Sehingga kedepannya akan sangat diperlukan komunikasi yang baik dari semua pihak.

Penanaman pohon secara simbolik oleh Direktur Yayasan Javlec Indonesia di dampingi Deputi Direktur
Penanaman pohon secara simbolik oleh Direktur Yayasan Javlec Indonesia di dampingi Deputi Direktur

Rangkaian kegiatan Edukasi dan rehabilitasi lahan bekas galian C di desa Balerante ini ditandai dengan penanaman pohon secara simbolik oleh unsur Muspika Kecamatan Kemalang yang diwakili oleh Camat Kemalang, Bapak Pri Hasanto, Fakultas Teknik Geologi UGM yang diwakili oleh Bapak Eko Mardiyanto, PT Tirta Investama Klaten diwakili oleh Bapak Rama Zakaria, Yayasan Javlec Indonesia diwakili oleh Bapak Rohni Sanyoto selaku Direktur Eksekutif dan Bapak Suryanto selaku Deputi Direktur, Pemerintah Desa  Balerante diwakili oleh Kepala Desa Balerante Bapak Sukono, dan dihadiri masyarakat desa Balerante.

Dalam kegiatan simbolik penanaman ini juga ditandatangani berita acara serah terima tanaman dari Direktur Eksekutif Yayasan Javlec Indonesia kepada Kepala Desa Balerante. Untuk kedepannya, 3000 bibit tanaman seperti Akasia, cengkeh, alpokat dan jeruk manis tersebut akan dirawat sendiri oleh masyarakat untuk dapat bermanfaat terutama dari sisi lingkungan maupun pemanfaatan hasil tanam. (az)