Javlec Sosialisasikan Kegiatan Program Konservasi di Dusun Cimalimping

sosialisasi di cimalimping
Sosialisasi kegiatan program Javlec bersama Kelompok Tani Dusun Cimalimping (dok: Javlec)

Javlec Indonesia akhir bulan Juli yang lalu mengadakan pertemuan dengan kelompok Tani di dusun Cimalimping, Desa Sindangsari, Subang.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan sosialisasi kegiatan program konservasi  yang akan dilakukan Javlec dalam 6 bulan ke depan. Ada beberapa kegiatan yang disosialisasikan yaitu pembuatan sumur, penananaman pohon, lorak dan biopori serta pembuatan kolam penampungan air di sawah.

Dalam pertemuan sosialisasi tersebut, warga dusun Cimalimping mengutarakan agar pembuatan kolam penampungan di sawah dialihkan ke program yang lain dikarenakan di Cimalimping air masih berlimpah.

Bibit Sobsi pada penanaman priode yang lalu sangat rentan, kemungkinan karena ukuran dan kualitas bibit yang kurang baik

Lain halnya dengan pengadaan bibit untuk penanaman, warga lebih menyoroti mengenai usia dan kualitas bibit agar lebih baik. Dari pengalaman program sebelumnya warga memberikan saran agar bibit Sobsi ditiadakan. Berdasarkan asumsi warga, bibit Sobsi pada penanaman priode yang lalu sangat rentan, kemungkinan karena ukuran dan kualitas bibit yang kurang baik.

Terkait sumur resapan, warga mengatakan bahwa dusun Cimaliping merupakan daerah gunung sehingga tidak banyak air yang tergenang, permasalahan mengenai genangan lebih kepada air genangan dari rumah-rumah warga, sehingga menurut usulan warga akan lebih baik memperbaiki parit-parit yang sudah ada dari pada membuat sumur resapan.

Pada akhir diskusi yang dihadiri Kelompok Tani Dusun Cimalimping akhirnya disepakati akan dilakukan survey dan pemetaan lahan mana saja yang akan di bangun biopori, rorak, kolam penampungan, sumur resapan maupun lahan yang akan menjadi lokasi penanaman. (gs)

EnglishIndonesian