Kerja Bakti Wisata, Pembahasan Program dan Transparasi Anggaran di Dusun Banceuy

Selain hutan pinus, sungai dan tebing (luwie lawang) ada juga jalur treking mottor cross sebagai obyek yang nantinya akan ditawarkan di dusun Banceuy ini.

Kerja Bakti Wisata
Kerjabakti pembukaan lahan untuk parkiran calon wisata dusun Banceuy (dok : Javlec)

Pendamping Program Konservasi Javlec-Aqua minggu lalu ikut berpartisipasi dalam kerja bakti bersama masyarakat di Dusun Banceuy. Kerja bakti yang diselenggarakan oleh masyarakat Dusun Banceuy ini di maksudkan sebagai tanda kesungguhan dan niat masyarakat untuk memilik tempat wisata di dusunnya.

Kerja bakti yang di hadiri oleh Kepala Dusun, Ketua RW dan Ketua RT serta Ketua Karangtaruna dan sebagian tokoh masyarakat Dusun Banceuy ini dimulai pagi hari pukul 09.00, dengan tahapan membuka (membersihkan) lokasi kebun untuk area parkir wisata. Untuk wisatanya sendiri ada di seberang yaitu berupa hutan pinus dan sungai.

Hutan pinus yang direncanakan sebagai area perkemahan, serta sungai dan Tebing yang akan menjadi obyek wisata utama di dusun Banceuy. Selain hutan pinus, sungai dan tebing (luwie lawang) ada juga jalur treking mottor cross sebagai obyek yang nantinya akan ditawarkan di dusun Banceuy ini.

Banyak rencana dan program yang sudah disusun oleh masyarakat Banceuy terkait wisata tersebut, baik rencana jangka pendek, rencana jangka menengah, rencana jangka panjang.

Kerja bakti ini akan terus dilakukan tiap minggunya. Hal itu sudah menjadi kesepakatan sebagian masyarakat Banceuy yang sedang bersemangat membangun kembali wisata yang ada di dusunnya.

Di sela-sela kerja bakti, masyarakat menanyakan kapan program Javlec-Aqua akan mulai dikerjakan. Kesempatan tersebut digunakan oleh pendamping Javlec bersama para tokoh masyarakat untuk berembuk dan berdiskusi tentang program terutama tentang anggaran. Bahwa masyarakat ingin semuanya transparan dalam program ini.

Diskusi program Banceuy
Diskusi tentang Jadwal pengerjaan program Javlec disela-sela kerja bakti di Dusun Bance (dok : Javlec)

Jangan sampai ada kecemburuan satu dengan lainnya di masyarakat Banceuy“, kata salah satu tokoh masyarakat.

EnglishIndonesian