Kerjasama Konsorsium Javlec Indonesia dan Dinas Kesehatan Kab. Berau dalam Penyuluhan Keamanan Pangan untuk Industri Rumah Tangga

Foto Bersama
Foto Bersama

Konsorsium Javlec Indonesia dan Dinas Kesehatan Kabupaten Berau bekerjasama melakukan Penyuluhan keamanan pangan untuk industri rumah tangga kepada kelompok industri rumah tangga. Penyuluhan tersebut merupakan agenda untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana keamanan pangan industri rumah tangga.

Penyuluhan ini merupakan salah satu kegiatan dari Dinas Kesehatan Kab. Berau yang bekerjasama dengan Konsorsium Javlec Indonesia untuk mendukung proses pengajuan Perijinan Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang sedang dilakukan oleh kelompok industri rumah tangga. Terdapat 3 kelompok rumah tangga yang sedang mengajukan Perijinan P-IRT yakni Kelompok pengolah minyak kelapa Desa Teluk Alulu, Kelompok Kerupuk Ikan Desa Teluk Semanting dan Kelompok Olahan Ikan Desa Tanjung Batu. Penyuluhan ini juga memiliki tujuan Memberikan pemahaman kepada kelompok usaha produk rumahan tentang keamananan pangan industr rumah tangga dan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga ( SPP – IRT ) untuk pengurusan perizinan P-IRT.

Peserta sedang mengerjakan pre-test
Peserta sedang mengerjakan pre-test

Pelatihan yang berlangsung selama sehari pada tanggal 18 Maret 2017 di Kantor kepala Kampung Desa Tanjung Batu ini diikuti sebanyak 30 peserta dari 3 kelompok industri olahan. Peserta sangat antusias mendapatkan informasi mengenai keamanan pangan sebagai syarat pengajuan ijin P-IRT. Materi yang disampaikan Dinas Kesehatan antara lain Cara Produksi Yang Baik untuk Produksi Rumah Tangga, Kebijakan Nasional IRT, Pengembangan usaha IRTP, Peraturan di bidang Pangan, Higiene dan Sanitasi Tempat Produksi, Dasar-dasar pengawetan pangan, Pelabelan dan iklan Pangan, Pengaturan dan Penggunaan BTP, Pengemasan dan Penyimpanan produk IRTP. Dalam penyuluhan tersebut juga dilakukan diskusi tanya jawab. Pada sesi diskusi tanya jawab peserta banyak menanyakan lebih ke tehnis produksi.

Keamanan pangan atau produk industri rumah tangga merupakan hal yang penting dalam pengajuan Perijinan P-IRT. Keamanan pangan menjadi hal utama untuk mendapatkan ijin tersbeut karena keamanan pangan ini sangat penting untuk keamanan konsumen.