Konsorsium Javlec Indonesia Menyiapkan Masyarakat Menjadi Pelaku Usaha Professional

 

Pemateri menyampaikan motivasi dalam berbisnis
Pemateri menyampaikan motivasi dalam berbisnis

Sebanyak 3 kelompok usaha rumah tangga dan 1 BUMK (Badan Usaha Milik Kampung) dilatih untuk disiapkan menjadi pelaku usaha yang profesional. Mereka adalah Kelompok Usaha Perempuan kerupuk Ikan Desa Teluk, Kelompok perempuan Pengolah Minyak Kelapa Desa Teluk Alulu, Kelompok Perempuan Olahan Ikan Desa Tanjung Batu dan BUMK Pengelola Pusat Informasi Mangrove (PIM). Pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari, pada tanggal 9-13 Januari 2017 di Grand Parama Hotel Kab. Berau ini bertujuan agar kelompok-kelompok yang sedang didampingi ini nantinya mampu mengelola usaha secara professional.

Dalam pelatihan ini, fokus pada dua hal yakni mengenai penyusunan rencana bisnis dan pelatihan Kewirausahaan. Rencana bisnis merupakan dokumen panduan yang cukup penting untuk menjadi pegangan dalam pengelolaan bisnis, terlebih adalah usaha kelompok. Kemudian fokus kedua adalah pelatihan mengenai kewirausahaan. Dua hal tersbeut merupakan hal yang tidak dipisahkan, bagaimana menyusun rencana bisnis dan menjalankan rencana bisnis dengan jiwa kewirausahaan yang professional.

Presentasi Kelompok
Presentasi Kelompok

Pelatihan ini juga mendatangkan tenaga ahli sebagai narasumber dan seklaigus motivator, yakni Amir Pansuri yang merupakan tenaga ahli dalam penyusunan rencana bisnis dan Dwianta sebagai ahli untuk pengelolaan ekowisata yang dalam pelatihan ini adalah menjadi fokus bagi BUMK Pengelola PIM yang banyak melakukan desain ekowisata.

Pelatihan ini cukup disambut antusias oleh peserta. Rencana bisnis merupakan hal baru, sehingga dengan adanya pelatihan ini bagi peserta mampu memberikan manfaat dan pandangan baru. Selain itu pelatihan ini juga memberikan motivasi kepada kelompok untuk bersemangat melakukan pengembangan usaha kelompoknya secara professional. Rencana tindak lanjut dari pelatihan ini adalah akan dilakukan pembangunan PIM dan peningkatan kapasitas pengelolanya dan fasilitasi P-IRT untuk industry rumah tangga serta fasilitasi pemasaran produknya.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Konsorsium Javlec Indonesia atas dukungan penuh dari MCA-Indonesia melalui proyek Mengembangkan Usaha-usaha Ramah Lingkungan berbasis Potensi Lokal di Wilayah Timur Kabupaten Berau. Dalam proyek tersebut, salah satu output kegiatan adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, yang dalam proyek ini dilakukan pendampingan usaha rumah tangga dan pembangunan PIM sehingga nantinya ada peningkatan pendapatan masyarakat.

EnglishIndonesian