Kunjungan MCA-Indonesia dan MCC ke Wilayah Kerja Konsorsium Javlec Indonesia

Konsorsium Javlec Indonesia mendapatkan kunjungan dari MCA-Indonesia dan MCC (Millenium Challenge Corporation) terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Berau. Dalam kunjungan yang diwakili Ibu Leya Cattleya dan Nani Saptarini (SGA MCA-Indonesia) dari MCA-Indonesia dan Charla Britt, PhD dari MCC tersebut dalam rangka melihat pelaksanaan proyek yang dikerjakan Konsorsium Javlec Indonesia khususnya kegiatan Social and Gender Integration Plan (SGIP).

Salah Kunjungan Tim MCA-Indonesia dan MCCsatu yang menjadi fokus kegiatan proyek yang dikerjakan Konsorsium Javlec Indonesia ini adalah pemberdayaan perempuan melalui beberapa output yakni membangun industri olahan hasil laut, membangun industri minyak kelapa dan membangun akses pemasaran produk tersebut. Perempuan menjadi aktor dalam kegiatan-kegiatan untuk mencapai output tersebut.

Kunjungan yang dilaksanakan tanggal 5-6 November 2016 di Desa Tanjung Batu ini melihat beberapa kegiatan kelompok perempuan yang difasilitasi Konsorsium Javlec Indonesia. Tim dari MCA-Indonesia dan MCC melihat proses Pelatihan Inklusi Sosial dan Keuangan pada hari pertama dan pada hari ke-dua melihat kegiatan pengolahan makanan olahan hasil laut. Pada hari pertama, Charla Britt sangat senang melihat antusias perempuan dan beberapa pemuda mengikuti pelatihan Inklusi Sosial. Pada hari kedua, kunjungan dilakukan dengan melihat aktivitas kelompok perempuan melihat produksi makanan olahan seperti ampang, bakso ikan dan kerupuk ikan. Saran yang diberikan tim MCA-Indonesia untuk pengolahan makanan olahan ini adalah membuat sebuah “brand” yang sehat karena produk makanan olahan tanpa menggunakan bumbu penyedap rasa. Menurut Leya Cattleya, produk makanan olahan yang sehat ini bias menjadi nilai tambah produk yang dihasilkan oleh kelompok perempuan Tanjung Batu.

EnglishIndonesian