Media Trip “Kita dan Ekowisata Indonesia” – Pabrik Es, PLTS dan Potensi Wisata

Javlec Indonesia atas dukungan penuh dari MCA Indonesa pada tanggal 11-15 Januari lalu melaksanakan kegiatan Media Trip “Kita dan Ekowisata Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan ekowisata dan budaya masyarakat lokal di lokasi pulau Maratua dan Pulau Derawan agar lebih lebih dikenal dan dikunjungi wisatawan. Selain itu, juga meliput beberapa kegiatan Konsorsium Javlec Indonesia, seperti pembuatan Pabrik Es, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pengolahan Minyak Kelapa juga Pusat Informasi Mangrove yang merupakan bagian proyek “Membangun Usaha-usaha Ramah Lingkungan Berbasis Potensi Lokal di Wilayah Timur Kabupaten Berau” yang di dukung oleh MCA Indonesia.

Media Trip ini diikuti oleh Kawan-Kawan Media yang telah terpilih dari promosi “Join Free Trip” yang diadakan Javlec Indonesia beberapa bulan lalu. Diantaranya dari Media TV, Media Cetak, Travel Blogger, Film Maker, Drone Driver, Fotografer yang sudah ahli dalam profesinya. Diharapkan dengan adanya Media Trip ini bisa mengangkat ekowisata, budaya masyarakat lokal dan kegiatan Konsorsium Javlec Indonesia yang ada di Kabupaten Berau.

sambutan program manager
Program Manager Proyek saat memberikan pengarahan terkait kegiatan media trip

Kedatangan tim “Media Trip” ini disambut langsung oleh Manager Program dari Proyek Konsorsium Javlec Indonesia, Fachrudin Rijadi, sekaligus di jamu dengan makan bersama dan perkenalan tim media dengan tim Konsorsium Javlec Indonesia di Rumah Makan Celebes, Tanjung Redep, Berau.

Hari pertama kunjungan “Media Trip” ini adalah ke Desa Teluk Alulu, Pulau Maratua. Dimana di Desa Teluk Alulu Konsorsium Javlec Indonesia membuat Pabrik Es dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pabrik Es dan PLTS dibangun karena saat ini masyarakat di Desa Teluk Alulu yang sebagian besar masyarakatnya adalah nelayan tidak mampu menampung ikan hasil tangkapanya lebih lama karena tidak ada alat pengawetan ikan. Dengan adanya pembangunan Pabrik Es dan PLTS tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat dan dampak langsung untuk masyarakat Desa Teluk Alulu.

dermaga teluk alulu
Dermaga Teluk Alulu dengan pantai yang cantik, bisa dikembangkan menjadi potensi wisata desa Teluk Alulu (Foto IG By @mhusniuuwn yang merupakan salah satu peserta media trip)

Pemerintah desa dan masyarakat sangat mendukung program tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya warga yang siap melepaskan hak atas tanah untuk pembangunan Pabrik Es dan PLTS. Pembangunan Pabrik Es dan PLTS dibangun dilahan milik Bapak Arjan yang berada di RT 03 dan Bapak Tamahudin yang berada di SP 600. Kesediaan warga tersebut didasari atas kepentingan dan kebutuhan masyarakat dan pemerintah kampung atas pembangunan pabrik es dan PLTS di Desa Teluk Alulu. Pabrik Es dan PLTS ini direncanakan akan bisa di operasikan bulan Februari tahun ini.

paradise resort
Salah satu sudut pandang dari Paradise Resort yang terletak di Pantai Maratua (Foto IG By @noviabdi, salah satu peserta media trip)

Sebelum menuju Teluk Alulu, tim media ajak terlebih dahulu menikmati keindahan pantai Maratua sebagai potensi wisata yang begitu cantik dan menawan. Pantai Maratua yang dikenal sebagai Maldivesnya Indonesia, meski sedikit disayangkan karena cuaca yang kurang bersahabat, tapi pastinya masih bisa untuk melakukan pemotretan. Perjalanan menuju Pulau Maratua di tempuh dengan menggunakan speedboat kapasitas 12 orang dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam.

GALERI FOTO

Bersambung… Melihat Proses Pembuatan Minyak Kelapa

EnglishIndonesian