Merajut Mimpi dari Gelondong Jati

merajut mimpi dari golondong jatiIrfan Bakhtiar, Hery Santoso, Sudarwan, Exwan Novianto, Rohni Sanyoto, Aulia Zaki; Merajut Mimpi dari Gelondong JatiPembelajaran dari Usaha Kayu Rakyat di Koperasi Wana Manunggal Lestari Gunungkidul-Yogyakarta. (Javlec : Yogyakarta, September 2014)

Buku yang terdiri dari 5 (lima) bab ini menggambarkan kondisi bisnis kayu rakyat di Kabupaten Gunungkidul – dimulai dari pohon di hutan sampai produk/barang jadi berbahan kayu. Yang menarik, rantai pasar kayu yang kompleks dengan tingkat petani sangat rendah. Disisi lain, beberapa unit manajemen hutan rakyat yang sudah bersertifikasi lestari pun belum dapat merasakan manfaat nyata dalam perdagangan kayu.

Buku ini juga menggambarkan bagaimana masyarakat pengelola hutan rakyat juga berupaya menjalankan kegiatan pengolahan kayu menjadi produk jadi – mulai dari kusen, daun pintu, jendela, mebel dan kerajinan. Upaya tersebut dilakukan semata untuk mendapatkan nilai tambah (added value) dari gelondong-gelondong kayu yang mereka produksi.

EnglishIndonesian