Pelatihan Ekowisata untuk Mendukung Pengelolaan Ekowisata di Tanjung Batu dan Semanting

pelatihan-ekowisata
Foto pelatihan Ekowisata

Konsorsium Javlec Indonesia yang didukung oleh MCA-Indoensia sedang melaksanakan proyek “Mengembangkan usaha-usaha ramah lingkungan berbasis potensi lokal di Kabupaten Berau”. Salah satu capaian yang harus dilaksanakan adalah dengan mengembangkan Ekowisata.

Dalam pengelolaan Ekowisata, salah satu hal yang terpenting adalah kemampuan masyarakat, baik dalam kemampuan dan pengetahuan skill tentang ekowisata, kelembagaan pengelola ekowisata dan cara pikir serta cara pandang masyarakat terhadap pengelolaan ekowisata yang berkelanjutan.

Untuk mendukung hal tersebut, Konsorsium Javlec Indoensia menyelenggarakan pelatihan Ekowisata. Pelatihan Ekowisata ini dilakukan dengan tujuan Maksud dan Tujuan Meningkatkan pengetahuan peserta tentang ekowisata mangrove, Meningkatkan kemampuan peserta dalam memanajerial kegiatan bisnis ekowisata berbasis kelestarian, Meningkatkan pengetahuan peserta tentang Taman Pesisir Kepulauan Derawan serta prospek kepariwisataan di kabupaten Berau.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari Desa Tanjung Batu dan Desa Teluk Semanting. Peserta berasal dari peemerintah Desa dan kelompok Kelompok Ekowisata Desa Tanjung Batu dan Teluk Semanting, BPK dan pengurus BUMK baik dari Desa Tanjung Batu dan Teluk Semanting. Pelatihan yang dilaksanakan di Tanjung Batu, 24-25 Juli 2017 ini diikuti oleh peserta dengan antusias. Keterlibatan kaum perempuan dalam pelatihan ini cukup banyak yang menunjukaan partisipasi dan kemauan perempuan terlibat dalam kegiatan pembangunan ekowisata cukup tinggi. Dalam pelatihan ini terdapat 8 peserta perempuan.

Pelatihan ini dipandu oleh Yayasan Javlec Indoensia dan pemberian materi dilakukan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Berau serta para ahli dibidangnya. Materi-materi yang diberikan dalam ekowisata ini antara lain bagaiamana menggali potensi ekowisata, pengembangan kelembagaan pengelola ekowisata dan rencana pengelolaan ekowisata.

Antusias peserta sangat tinggi dalam pelatihan ini. Dalam pelatihan ini ada beberapa hasil yakni terpetakannya potensi-potensi wisata dan tersusunnya paket-paket wisata, terpetanya lembaga pengelola ekowisata dan tersusunnya rencana aksi seperti legalitas lembaga pengelola dan rencana pengelolaan ekowisata oleh lembaga pengelola tersebut.

One Comment