Pelatihan Inklusi Sosial dan Keuangan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mengenai Inklusi Sosial dan pengelolaan keuangan, Yayasan Javlec Indonesia menyelenggarakan pelatihan Inklusi Sosial dan Keuangan di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek yang sedang dijalankan oleh Konsorsium Javlec Indonesia atas dukungan MCA-Indonesia yakni Mengembangkan Usaha-usaha Ramah Lingkungan Berbasis Potensi Lokal di Wilayah Timur Kabupaten Berau.

Foto bersama peserta pelatihan
Foto bersama peserta pelatihan

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari, 4-5 November 2016 ini menghadirkan narasumber Dati Fatimah, yang merupakan Ahli Social and Gender Integration Plan (SGIP). Peserta pelatihan ini diikuti 24 peserta, yang terdiri dari 3 laki-laki dan 21 perempuan yang berasal dari 4 desa, yakni Desa Teluk Alulu, Teluk Harapan, Desa Teluk Semanting dan Desa Tanjung Batu. Keempat desa tersebut adalah lokasi proyek yang sedang dijalankan Konsorsium Javlec Indonesia.

Secara khusus pelatihan ini bermaksud mendiskusikan konsep dan praktek inklusi sosial dan keuangan dalam pengembangan usaha ekonomi berbasis potensi lokal dan memetakan kebutuhan serta strategi mendorong inklusi sosial dan keuangan sesuai dengan konteks dan kebutuhan masyarakat ataupun kelompok perempuan tersebut. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini untuk menjawab maksud tersebut antara lain Inklusi sosial yang meliputi pengertian dan bagaimana mendorongnya; Inklusi Keuangan yang meliputi apa itu inklusi keuangan, akses perbankan untuk pengembangan usaha, manajemen keuangan keluarga dan materi mengenai Rantai nilai dan pengembangan produk usaha perempuan.

Penggunaan media film sebagai metode pengajaran
Penggunaan media film sebagai metode pengajaran

Dalam pelaksanaanya, peserta sangat antusias. Metode yang digunakan adalah partisipatif, di mana narasumber menekankan bahwa forum pelatihan adalah forum bersama dimana semua harus bicara dan berpendapat. Selain metode tersebut dalam pelatihan ini juga dengan bantuan media lain seperti film dan permainan-permainan. Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari kegiatan ini adalah setiap kelompok usaha perempuan di masing-masing desa menyusun rencana kegiatan sampai Januari, mulai dari bagaimana penyiapan dan penguatan kelembagaan, administarasi kelembagaan hingga rencana penyusunan rencana bisnis/usaha. Yayasan Javlec dalam proyek ini akan menfasilitasi penyusunan rencana bisnis/usaha sehingga diharapkan usaha kelompok perempuan mampu menjadi lebih besar.

Peserta aktif untuk presentasi dan mengemukakan pendapat
Peserta aktif untuk presentasi dan mengemukakan pendapat

Peserta mempunyai harapan besar terhadap pelaksanaan proyek ini terkait dengan pengembangan usaha kelompok perempuan yang sedang dijalankan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, pelatihan ini sangat berguna karena memberikan pengetahuan-pengetahuan baru terkait dengan kesetaraan social antara laki-laki dan perempuan, bagaimana pengelolaan keuangan serta rencana pengembangan kelompok perempuan. Peserta sangat berharap proyek ini nantinya membantu dan menfasilitasi pengembangan usaha yang sedang dijalankan oleh kelompok perempuan di wilayah kerja proyek.

EnglishIndonesian