Pelatihan Rencana Tata Kelola Hutan

Sebanyak 50 peserta dari kelompok tani pengelola hutan oleh masyarakat (CBFM) dan Pemerintah Desa di Gunung Kidul mengikuti pelatihan mengenai Rencana Kelola Hutan. Pelatihan yang diselenggarakan 31 Agustus- 2 September 2016 di Hotel Akasa Yogyakarta ini bertujuan agar peserta mampu memahami proses penyusunan perencanaan kehutanan, menyusun rencana penguatan kelembagaan kelompok CBFM, membuat strategi dalam penyusunan rencana kelola dan peserta memiliki kapasitas dalam penyusunan rencana kelola hutan.

suasana-pelatihan
Acara pelatihan dari kelompok tani pengelola hutan oleh masyarakat (CBFM) dan Pemerintah Desa Gunung Kidul di Hotel Akasa Kaliurang

Proses pelatihan sendiri berlangsung sangat menarik. Antusias peserta sangat tinggi. Menurut Haryono, peserta dari Desa Jepitu menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena memberikan ilmu teori baru dalam hal pendampingan pengelola hutan (kelompok), konsep pengelolaan hutan dan penyusunan rencana kelola hutan. Tetapi menurutnya, perlu diberikan praktek langsung di lapangan agar teori yang disampaikan langsung bisa dipraktekan oleh peserta pelatihan.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Yayasan Javlec Indonesia didukung ICCTF ini diharapkan menjadi bagian dalam mendukung Mitigasi Berbasis Lahan pada Kawasan Karst, DAS kritis dan kawasan Konservasi di Kabupaten Gunung Kidul. Hutan menjadi bagian terpenting dalam penyerapan karbon yang mendukung mitigasi perubahan iklim. Pelatihan yang menyasar pengelola hutan dengan skema pengelolaan hutan oleh masyarakat (CBFM) melalui skema Hutan Desa (HD), Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan Hutan Kemasyarakatan (HKm) ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada peserta untuk mampu mengelola hutan sehingga pengelolaan hutan mampu mendukung mitigasi perubahan iklim berbasis lahan.

EnglishIndonesian