Progres Projek Javlec Dengan Dukungan MFP III

Pelatihan Rencana KelolaProgram yang dijalankan oleh Java Learning Center (Javlec) dengan dukungan Multi-stakeholders Forestry Programme (MFP) III ini bertitel “Memperkuat Bisnis Kehutanan Masyarakat (CBFE – Community Based Forest Enterprise) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Perkayuan. Program ini memiliki tujuan untuk memperkuat bisnis kehutanan masyarakat (CBFE – Community Based Forest Enterprise), memperkuat bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) Perkayuan, dan memperkuat bangunan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) melalui kesiapan penerapan DKP (Deklarasi Kesesuaian Pemasok) pada Tempat Penampungan Terdaftar (TPT) dan Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IPHHK). Target atau sasaran utama program ini adalah 20 CBFE di Kabupaten  Gunungkidul dan Kulon Progro (DI Yogyakarta), serta 20 IKM Perkayuan dan 20 TPT/IPHHK di Provinsi DI Yogyakarta dan Solo Raya. Program ini akan berlangsung selama 8 (delapan) bulan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2015 dan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2015.

 

Pada Triwulan pertama, program ini telah menghasilkan 7 (tujuh) buah capaian strategis—meliputi (1) Database CBFE, (2) Data potensi hutan, (3) Peningkatan kapasitas bisnis CBFE, (4) Peningkatan kapasitas penyusunan Rencana Kelola CBFE, (5) Database IKM Perkayuan, (6) Peningkatan bisnis IKM Perkayuan, dan (7) Peningkatan kapasitas DKP pada TPT/IPHHK. Dalam menghasilkan capaian-capaian tersebut, Javlec telah menyelenggarakan serangkaian aktivitas/kegiatan—antara lain (1) Penyusunan baseline data CBFE, (2) Pelatihan kewirausahaan dan strategi pemasaran produk CBFM, (3) Pelatihan penyusunan rencana pemanfaatan hasil hutan kayu, (4) Fasilitasi inventarisasi potensi tegakan hutan, (5) Latih damping Rencana Kelola Hutan, (6) Latih Damping Rencana Bisnis CBFE, (7) Penyusunan baseline data IKM Perkayuan, (8) Pelatihan kewirausahaan dan strategi pemasaran produk IKM Perkayuan, (9) Latih damping Rencana Bisnis, (10) Pelatihan pendampingan DKP bagi TPT dan IPHHK, dan (11) Latih Damping TPT/IPHHK. Selain itu, diselenggarakan pula kegiatan-kegiatan pendukung—seperti pembekalan (coaching) untuk Tim Manajemen dan Supporting Unit, kunjungan monitoring dan evaluasi, serta monev internal.

Pada kuartal kedua, direncanakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut: (1) Latih damping Rencana Kelola CBFE, (2) Latih damping Rencana Bisnis CBFE, (3) Pelatihan kewirausahaan dan stategi pemasaran bagi IKM Perkayuan, (4) Latih damping Rencana Bisnis IKM Perkayuan, dan (5) Latih damping TPT dan IPHHK. Selain itu, tetap pula dijalankan kegiatan-kegiatan pendukung seperti monev pada lokasi proyek dan monev manajemen proyek. Penyelenggaraan aktivitas-aktivitas tersebut terdistribusi secara merata pada keseluruhan bulan dalam Triwulan Kedua, kecuali Pelatihan Kewirausahaan dan Strategi Pemasaran bagi IKM Perkayuan yang hanya akan dijalankan 1 (satu) kali pada bulan Mei 2015.

EnglishIndonesian