Semangat Perempuan Desa Tanjung Batu Membangun Industri Makanan Olahan Hasil Laut

Desa Tanjung Batu adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pulau Derawan. Sebagian besar mata pencaharian kaum laki-laki di Desa Tanjung Batu adalah nelayan. Tidak heran jika produksi ikan di Desa Tanjung Batu sangat melimpah. Potensi ini yang juga ditangkap oleh perempuan di Desa Tanjung Batu untuk menambah penghasilan dengan melakukan pengolahan hasil laut.

Kegiatan Kelompok Perempuan Desa Tanjung Batu
Kegiatan Kelompok Perempuan Desa Tanjung Batu

Melalui proyek “Membangun Usaha-usaha Ramah Lingkungan Berbasis Potensi Lokal di Wilayah Timur Kabupaten Berau” yang dikerjakan Konsorsium Javlec Indonesia didukung penuh oleh MCA-Indonesia, salah satu kegiatanya adalah membangun industri makanan olahan. Kegiatan tersebut ternyata disambut antusias oleh  perempuan di Desa Tanjung Batu. Dalam membangun industri makanan olahan ini telah dilakukan beberapa identifikasi awal dan membangun kelembagaan. Selain itu  kelompok ini akan difasilitasi beberapa kegiatan peningkatan kapasitas dan bantuan alat.

Pada Bulan Oktober 2016 telah terbentuk satu kelompok perempuan dengan fokus pada pengolahan makanan olahan hasil laut. Setidaknya ada sekitar 24 perempuan yang tergabung dalam kelompok perempuan Desa Tanjung Batu. Kelompok yang diketuai oleh Ibu Samsiar ini memiliki tiga industri makanan olahan yakni industri kerupuk ikan, industri bakso ikan dan industri amplang. Salah satu jenis ikan favorite yang banyak digunakan adalah ikan tengiri.

Dalam struktur yang dibangun dalam kelompok ini juga dibentuk tim pemasaran yang akan banyak fokus dalam pemasaran dan strategi-strategi memasarkan produk agar diserap ke daerah yang lebih luas. Tim ini nantinya juga akan mendapatkan peningkatan kapasitas terkait dengan strategi pemasaran.

Kelompok ini akan banyak ke depan akan menyusun rencana bisnis agar usaha yang dijalankan memiliki panduan. Penyusunan dokumen rencana bisnis ini akan difasilitasi oleh Konsorsium Javlec Indonesia.

EnglishIndonesian