Strategi Untuk Menanggulangi Kemiskinan di Kampung Teluk Semanting

Berangkat dari permasalahan terbatasnya pengolahan produk hasil laut (baca : Akar Kemiskinan), maka strategi yang dikembangkan peserta FGD untuk mengatasi masalah tersebut adalah meningkatkan pengolahan hasil laut melalui (1) Pembentukan gudang penyimpanan ikan (2) Membuat merek dagang serta (3) Inovasi produk olahan hasil laut. Adapun program dan kegiatannya akan di rangkum di bagian akhir.

Merujuk pada penjelasan masalah dan program yang diusulkan, maka bisa dikatakan bahwa program pembentukan gudang pendingin untuk penyimpanan ikan merupakan program yang paling utama. Alasannya karena ketiadaan mesin pendingin merupakan masalah utama yangn dihadapi produsen pengolahan hasil laut selama ini.

Jika masalah teratasi maka pengolahan hasil laut Teluk Semanting dapat berkembang pesat. Salah satu alasan yang meyakinkan bahwa pengolahan hasil laut dapat berkembang pesat karena usaha ini merupakan kegiatan produktif yang dapat dilakukan oleh hampir semua ibu rumah tangga di kampung Teluk Semanting dan biasanya mereka telah memiliki kelompok masing-masing.

Oleh karena itu, pengelolaan gudang pendingin ikan tidak dapat diberikan kepada salah satu kelompok produsen karena akan menimbulkan persaingan tidak sehat diantara kelompok produsen. Sebagai alternatif, pengelolaan gudang produsen ini sebaiknya ditangani oleh BUMDes. Artinya, BUMDes yang membeli ikan dari nelayan dan kemudian menjual ikan tersebut kepada seluruh kelompok produsen berdasarkan aturan yang berlaku. Dengan demikian bahan baku pembuat bahan olahan laut dapat terdistribusi secara merata kepada seluruh kelompok produsen.

pelatihan pirt
Pelatihan PIRT di Teluk Semanting

Terkait dengan program pembuatan merek dagang dan program inovasi pengembangan produk hasil laut sesungguhnya hanya merupakan fasilitasi kepada produsen. Namun sekali lagi fasilitator harus memberi kesempatan yang seimbang kepada seluruh kelompok produsen jika ingin berhasil. Sebab, pengutamaan kepada salah satu kelompok justru akan kontra produktif dan hanya akan menimbulkan kecemburuan bagi kelompok yang merasa tidak terfasilitasi.

Kegiatan Penanggulanan Masalah Produksi Pengolahan Hasil Laut

Beberapa program dan kegiatan yang dilakukan untuk masalah tersebut di atas diantaranya adalah :

  1. Program pembentukan gudang pendingin penyimpanan ikan dengan kegiatan (a) Merancang dan membangun gudang penyimpanan ikan; (b) Penguatan manajemen tempat penyimpanan ikan dan (c) Pengadaan barang.
  2. Program pembuatan merek dagang dengan kegiatan (a) Pengurusan seluruh ijin yang diperlukan (IRT, merek dagang, Dinas Kesehatan, MUI); (b) Merancang kemasan; (c) Perbaikan dapur produksi sesuai standar dinkes dan (d) Membangun jaring pemasaran.
  3. Program inovasi dan pengembangan produk dengan kegiatan (a) Pelatihan peningkatan teknik produksi dan (b) Pendampingan.

 

EnglishIndonesian