Taman Kota Wonosari Mulai Dilirik Wisatawan

Mulai akhir Januari 2013, Javlec (Java Learning Center) atas dukungan BNI Go Green melakukan pembuatan Taman Kota di Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan yang mengambil lokasi di Desa Kepek, Wonosari tersebut bertujuan menyediakan ruang publik di Kota Wonosari. Selain itu, keberadaan taman kota diharapkan bisa bisa meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kawasan sekitarnya. Kedepannya, lokasi tersebut bisa dipergunakan sebagai tempat konservasi tanaman langka.

Saat ini, Kota Wonosari sudah memiliki taman kota. Namun, kondisinya tidak layak sebagai ruang terbuka hijau. Areal seluas 1,7 hektar tersebut masih berupa tanah tandus dengan beberapa pohon jarang-jarang. Selain secara visual tidak menarik, lokasi tersebut tidak nyaman apabila dipergunakan sebagai sarana olah raga dan rekreasi masyarakat sekitar.

Dengan adanya Taman Kota Wonosari ini diharapkan dapat menjadi ikon dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun nasional.

Ruang Publik Taman Kota Wonosari

Berkeliling untuk berbelanja atau keperluan yang lain di kota Wonosari, Gunungkidul  pada saat cuaca terik di siang hari tentu membuat gerah dan cepat lelah. Sebelum pulang ke rumah tidak ada salahnya menyempatkan diri berteduh sambil beristirahat di Taman Kota Wonosari.

sudut taman kota
Ruang publik di Taman Kota Wonosari, Gunungkidul

Sejuknya udara yang disebabkan banyaknya pepohonan, membuat siapapun yang datang menjadi betah berada di taman yang berada di sebelah utara perkantoran Pemkab Gunungkidul ini.

Pada waktu sore, taman kota di Wonosari ramai dibanjiri pengunjung. Mereka meluangkan waktunya bersama anak-anak kesayangannya untuk bermain di seputaran taman kota. Pengunjung yang didominasi anak usia balita ini asyik bermain permainan anak-anak.

Sementara itu, salah satu warga Yogyakarta, Anwar mengatakan, selepas liburan dari kawasan wisata pantai ia memilih lokasi tersebut untuk beristirahat. Sebab ia menilai lokasi taman kota ini merupakan pusat keramain yang dilakukan masyarakat.“Lokasinya selain bebas polusi juga sejuk, nyaman buat istirahat. Selain itu, juga ada banyak jajanan makanan kecil di sini.”

Dikutip dari : Sumber

EnglishIndonesian