Tentara Prakasai Penghijauan Padat Karya

Wonogiri – Para personel tentara dari jajaran kodim 0728 Wonogiri memprakarsai gerakan masal tanam penghijauan secara padat karya. Upacara pembukaannya dilakukan di Baslai Kelurahan Pagutan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Pencanangan gerakan masal penghijauan padat karya ini, dilakukan Dandim 0728 Wonogiri Letkol (inf) Mirza Eka Junaedi. Ditandai penanaman pohon Trembesi tipe 1 sebanyak 2.674 pohon dan yang tipe 2, sebanyak 451 pohon. Penanaman diikuti serentak oleh para prajurit jajaran koramil di 25 kecamatan se-Kabupaten Wonogiri.

Dalam penghijauan padat karya ini, ikut dilibatkan pula jajaran Polri, Muspika, Pamong Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para pemuda dan waga masyarakat dari semua elemen termasuk di dalamnya kaum tani.

Dandim dalam sambutannya menyatakan, dengan dilakukannya gerakan penghijauan secara masal sekarang ini, kelak dalam kurun waktu 30 tahun ke depan, bangsa Indonesia yang merupakan bangsa besar, akan mampu menciptakan paru-paru dunia. Kesempatan untuk menyajikan paru-paru dunia ini, jangan sampai di ambil Negara lain kecuali Indonesia.

Untuk mewujudkan tekan mulai tersebut, jajaran TNI dan Polri senantiasa berperan aktif mendorong kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk melakukan gerakan masal penanaman pohon penghijauan.

Dandim menuturkan, dengan banyak menanam pohon untuk melakukan gerakan masal penghijauan, akan semakin tersedia banyak zat O2 yang menjadikan udara makin segar. Upaya mewujudkan udara segar, akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan semua makhluk hidup.

“Semua pabrik dan usaha industry yang ada di Kabupaten Wonogiri, perlu ikut aktif melakukan gerakan penghijauan, dengan melakukan penanaman pohon dalam jumlah banyak. Realisasikan gerakan masal penghijauan ini melalui slogan trikrida yakni Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat,” tandasnya. – suaramerdeka.com

EnglishIndonesian