Penanggulangan Kemiskinan

Upaya penanggulangan kemiskinan merupakan agenda nasional. Berbagai ikhtiar penanggulangan kemiskinan di wilayah kabupaten/kota memiliki tekanan dan tingkatan masalah yang beragam. Masalah-masalah utama yang sering mengganjal adalah adanya kecenderungan untuk menyalahkan si miskin,  menempatkan mereka sebagai obyek, programnya dikelola semacam proyek, dan tidak berkelanjutan. Situasi masalah ini menghendaki penyelesaian segera, yakni dengan mengembangkan cara pandang atau pendekatan baru dalam memahami kemiskinan dan melibatkan mereka, si miskin dalam formulasi strategi penanggulangan kemiskinan.

Javlec memiliki tekat untuk mendukung agenda nasional tersebut. Inisiatifnya adalah dengan mengembangkan tiga fokus program berikut:

Peningkatan Efektivitas Strategi Penanggulangan Kemiskinan

Fokus program ini ditujukan untuk mewujudkan adanya strategi penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran yang berpihak pada komunitas miskin. Beberapa program yang akan dilakukan dalam lingkup fokus program ini adalah:

  1. Fasilitasi proses perumusan strategi penanggulangan kemiskinan
  2. Fasilitasi pengembangan pendekatan-pendekatan penanggulangan kemiskinan.

Sistem Penganggaran Daerah yang Berpihak pada Masyarakat Miskin

Fokus program ini ditujukan untuk mewujudkan adanya sistem perencanaan dan penganggaran program penanggulangan kemiskinan yang efektif, efisien dan berpihak pada komunitas miskin. Beberapa program yang akan dilakukan dalam lingkup fokus program ini adalah:

  1. Fasilitasi proses perencanaan program aksi penanggulangan kemiskinan
  2. Fasilitasi proses penganggaran yang berpihak pada masyarakat miskin

Monitoring dan Evaluasi Program Penanggulangan Kemiskinan

Fokus program ini ditujukan untuk memastikan efektifitas program penanggulangan kemiskinan. Beberapa program yang akan dilakukan dalam lingkup fokus program ini adalah:

  1. Fasilitasi proses pembangunan basis data kemiskinan
  2. Fasilitasi proses monitoring dan evaluasi yang partisipatif dalam program penanggulangan kemiskinan.

Add a Comment

EnglishIndonesian