Aktifitas & Pembelajaran

Penanggulangan Kemiskinan

Tujuan kegiatan-kegiatan yang  memberdayaan masyarakat bermuara pada pengurangan kemiskinan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemiskinan dipandang dalam berbagai aspek, misalnya ekonomi dan sosial. Javlec telah melakukan kegiatan-kegiatan nyata, misalnya mendorong akses masyarakat dalam sumber daya hutan, meningkatkan akses pasar dan permodalan usaha ekonomi, dan peningkatan sumberdaya manusia.

Pembelajaran yang didapatkan dalam proses-proses kegiatan tersebut adalah:

  1. Meningkatnya pendapatan masyarakat dapat dirasakan  melalui proses dan waktu yang tidak singkat. Oleh karena itu,  komitmen lembaga dalam pendampingan masyarakat  dibutuhkan sampai dengan masyarakat berdaya, khususnya dalam hal ekonomi. Bukan berhenti pada proyek-proyek yang singkat. Artinya, ada atau tidak ada dukungan pendanaan dari proyek-proyek, lembaga tetap melakukan pendampingan masyarakat.

  2. Kerjasama lembaga non pemerintah dan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dan memperkuat dukungan infrastruktur. Yang terjadi di Ekowisata “Kalibiru”, penguatan kelembagaan dilakukan oleh Javlec dan pembangunan infrastruktur dengan dukungan pemerintah daerah.

  3. Perencanaan desa dalam pemanfaatan sumberdaya alam  dimulai dari perencanaan tata ruang desa, meliputi  penataan kawasan pemanfaatan dan penggunaan lahan, pemetaan aspek sosial dan ekonomi masyarakat, serta daya dukung lingkungan. Ini juga merupakan daya tawar pemerintah desa dalam mensikapi tata ruang daerah (RTRW) agar pemanfaatan lahan benar-benar dapat mensejahterakan masyarakat desa.

Aktifitas dan Pembelajaran : Jaminan Hak Akses Masyarakat Dalam Pengelolaan SDH

Aktifitas dan Pembelajaran : Tata Pengurusan Sumber Daya Hutan Yang Baik

Aktifitas dan Pembelajaran : Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat

Aktifitas dan Pembelajaran : Peningkatan Daya Dukung Sistem Penyangga Kehidupan

Aktifitas dan Pembelajaran : Penanggulangan Kemiskinan

Aktifitas dan Pembelajaran : Peningkatan Akses Informasi Dan Komunikasi