Membangun Kesadaran Lingkungan melalui Kunjungan ke Taman Kehati PT. Tirta Investama Subang

Javlec-Subang. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia! Pada tanggal 6 Juni 2023, Java Learning Center (Javlec) bekerjasama dengan PT. TIV Subang menggelar kegiatan menarik bertajuk “Kunjungan ke Taman Kehati PT. Tirta Investama Subang.” Dalam rangka memperingati hari penting ini, para peserta diajak untuk menjelajahi kekayaan alam yang tersembunyi di Taman Kehati Aqua Plant Subang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal potensi fisik taman kehati serta memperkenalkan ragam jenis flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yang penuh dengan pengetahuan dan pengalaman yang berharga. Pada sesi pertama, para peserta diajak untuk mengikuti paparan Blue Operation di lingkungan Pabrik Aqua Subang oleh perwakilan tim Blue OP. Mereka memperkenalkan cara-cara inovatif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di sekitar pabrik. Setelah itu, para peserta mendapatkan paparan singkat tentang potensi Taman Kehati yang memukau, disampaikan oleh narasumber dari tim KP3 Forestation UGM. Tak hanya itu, narasumber juga berbagi hasil monitoring flora dan fauna yang mengagumkan yang mereka temui selama pengawasan di Taman Kehati.

Pengenalan fauna oleh KP3 UGM

Sesi kedua adalah sesi lapangan yang dipandu oleh tim Javlec Indonesia. Mereka membawa peserta dalam perjalanan menakjubkan untuk memperkenalkan potensi Taman Kehati secara langsung. Mulai dari pengenalan blok tanaman, papan interpretasi, hingga pengenalan flora yang tumbuh di setiap blok. Selain itu, mereka juga memberikan informasi menarik mengenai pemanfaatan saung hejo dan pengenalan teknik composting. Acara sesi lapangan ditutup dengan latihan pengamatan dan penanganan fauna oleh tim KP3 UGM, yang memberikan pengalaman tak terlupakan bagi semua peserta.

Edukasi komposting oleh Kelompok Tani Sumber Sari

Peserta kegiatan ini sangat beragam, meliputi Kepala Pabrik Subang, Tim CRS TIV Subang, Tim Blue Operation TIV Subang, perwakilan guru dan murid SD Dermaga Subang, perwakilan Kelompok Tani Sumber Sari, pendamping Sekolah Adiwiyata Cisalak, tim KP3 Forestation UGM, dan tim Javlec. Kehadiran mereka semakin memperkaya diskusi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Foto bersama peserta kegiatan Kunjungan ke Taman Kehati

Kunjungan ke Taman Kehati PT. Tirta Investama Subang ini menjadi momen berharga dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Para peserta diberikan kesempatan langka untuk menyelami keajaiban alam yang ada di taman kehati, mengenal flora dan fauna yang hidup di dalamnya, serta memperoleh wawasan tentang upaya konservasi dan perlindungan lingkungan. Semoga kunjungan ini mampu mendorong partisipasi aktif dalam menjaga keberlanjutan alam kita. Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat bumi yang kita cintai, bukan hanya pada hari ini, tetapi setiap hari sebagai bentuk penghargaan terhadap lingkungan hidup kita.(Javlec)