Rencana Optimalisasi Tanaman Aren Desa Pasanggrahan

Ilustrasi pohon aren. source: google

PT Tirta Investama Subang melalui program Corporate Social Responsibilities (CSR) telah melakukan kerjasama dengan Javlec Indonesia melalui program pengembangan ekonomi (Economic Development) di bagian hilir (off farm) dari pengembangan aren, antara lain pengembangan produk dan inovasi gula aren.

Tanaman aren tidak hanya bermanfaat atas hasil produksi aren, tetapi kemanfaatan secara lingkungan memberikan dampak yang nyata. Tanaman ini mampu menyerap kurang lebih 200 liter air, setara dengan 10 galon air mineral dan memiliki akar yang kuat dengan panjang mencapai 15m sehingga mampu mengurangi banjir, longsor dan menjaga tabungan air.

Berdasarkan dua hal utama (lingkungan dan ekonomi) tanaman aren tersebut di atas dan telah didukung adanya Perdes Pasanggrahan No. 03 tahun 2021, maka perlu dibentuk rencana kerja bersama antara Pemerintah Desa Pasanggrahan, Masyarakat, Lembaga Desa dan Multistakeholder lain dalam rangka optimalisasi fungsi tanaman aren dari hulu ke hilir.

Bersama dengan Javlec Indonesia, PT Tirta Investama Subang sebagai salah satu stakeholder di Subang khususnya Desa Pasanggrahan menginisiasi untuk menyusun rencana kerja bersama parapihak mengenai potensi aren khususnya Desa Pasanggrahan.

Kegiatan yang akan dilakukan berbentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Diskusi dan Penyusunan Rencana Kerja terkait Optimalisasi Tanaman Aren Desa Pasanggrahan” yang akan dilaksanakan besok hari Kamis, tanggal 12 Agustus 2021 di Balai Desa Pesanggrahan.

Menurut manager proyek program ‘Taman Kehati PT. TIV Subang’, Aprillia, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun rencana kerja bersama tentang optimalisasi potensi tanaman aren (Arenga pinnata) dari hulu ke hilir. “Ya, semoga nanti rencana kerja bisa tersusun, minimal draftnya”, imbuhnya.

Sebagai informasi, tanaman aren – Arenga pinnata (enau; hanau; kawung; peluluk; biluluk) merupakan salah satu jenis tanaman yang setiap bagiannya dapat dimanfaatkan, mulai dari akar yang dapat digunakan untuk menyimpan air, batang aren dapat diambil sagu, daun aren dapat digunakan sebagai atap atau alat bungkus, bunga aren dapat disadap air nira untuk bermacam olahan, dan buah aren (cangkaling) dapat digunakan sebagai bahan makanan.

Mengingat banyaknya manfaat yang dapat diambil dari tanaman aren, Pemerintah Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang telah menyusun Peraturan Desa No. 03 tahun 2021 tentang Larangan Menebang Pohon di Aren yang Masih Produktif.