Masyarakat Desa Teluk Alulu Siap Dukung Pembangunan Pabrik Es dan PLTS

Masyarakat Desa Alulu siap mendukung program yang sedang dikerjakan oleh Konsorsium Yayasan Javlec Indonesia yang didukung oleh MCA Indonesia. Pemerintah Desa dan masyarakat sangat mendukung kegiatan tersebut dalam bentuk kesediaan masyarakat terkait pelepasan hak atas tanah yang dimiliki masyarakat untuk kegiatan pembangunan Pabrik Es.

Untuk kegiatan tersebut paling tidak ada 2 warga yang siap melepaskan hak atas tanah untuk pembangunan pabrik es yakni lahan milik Bapak Arjan yang berada di RT 03 dan lahan milik Bapak Tamahudin yang berada di SP 600. Kesediaan warga tersebut didasari atas kepentingan dan kebutuhan masyarakat dan pemerintah kampung atas pembangunan pabrik es dan PLTS di Desa Teluk Alulu.

Menurut ESMS Spesialis dalam proyek ini, Hidfil, terkait dengan legalitas lahan tanah yang akan digunakan dalam pembangunan pabrik es dan PLTS ini harus sah secara hukum dan adanya surat pernyataan pelepasan hak milik kepada pemerintah kampung atau BUMK (Badan Usaha Milik Kampung). Ini sangat penting dilakukan karena akan menjamin tidak ada sengketa dikemudian hari. Seperti gugatan oleh ahli waris.

BUMK merupakan sebuah Badan Usaha Milik Kampung yang tujuanya untuk kesejahteraan masyarakat Kampung Teluk Alulu. Dengan prinsip dari warga, oleh warga untuk warga, harapanya BUMK ini dapat dimiliki untuk kepentingan seluruh warga Desa Teluk Alulu.

BUMK yang akan didirikan merupakan badan usaha milik bersama, seluruh komponen masyarakat harus terlibat. BUMK yang akan didirikan di Desa Teluk Alulu pun akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan organisasi yang ada dalam masyarakat tersebut. Penanggungjawab BUM Kampung adalah Kepala Kampung, kemudian akan dibentuk badan pengawas, yang terdiri dari organisasi dan tokoh masyarakat seperti Badan Perwakilan Kampung (BPK), PKK, Organisasi pemuda dan tokoh masyarakat. Sebagai pengelola harus ada Badan pengurus yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara, pelaksana. Badan pengurus ini akan berasal dari Teluk Alulu.

Dengan adanya pabrik ini harapanya adalah ikan hasil tangkapan jauh lebih awet sehingga harga dapat dikontrol. Pembangunan Pabrik Es dan PLTS ini akan didukung oleh anggota Konsorsium Javlec yakni Enerbi yang memang focus pada Energi Alternatif. Anggota konsorsium lainya seperti Jala, Penjalin, Pokja REDD Berau and YPAB membantu dalam pengkondisian lainya seperti kesiapan masyarakat, kelembagaan, dukungan para pihak, dukungan pemerintah desa.

EnglishIndonesian